Jumat, 17 Juli 2009

SEKOLAH MINGGU

PENTINGNYA SEKOLAH MINGGU
I.TUJUAN
Membawa anak-anak kepada pengenalan akan Tuhan Yesus,sejak dini.Sehingga mereka mengenal dan mengerti akan kebenaran Firman Tuhan.dan menerapkan dalam kehidupan mereka,sehingga mereka tumbuh menjadi tentara-tentara Kristus yang militan.
II.PENDAHULUAN
Banyak orang tua menganggap bahwa anak- anak belum perlu di ajar Firman Tuhan.mereka berfikir bahwa anak-anak masih terlalu dini untuk belajar kebenaran.Seringkali mereka terlalu memanjakan anak- anak dengan bermain sepuasnya,menonton ataupun melakukan hobi-hobi yang mereka sukai.tanpa memikirkan bagaimana nantinya anak ini akan tumbuh dewasa.kalau hal ini di biarkan mungkin mereka akan tumbuh menjadi anak yang pemabuk,suka hura-hura dan mungkin kecanduan dengan obat- obat terlarang.
Maka dari itu pentingnya sekolah minggu bagi mereka,supaya sejak kecil mereka di ajarkan Firman Tuhan.sehingga mereka bisa mengenal siapa Tuhan Yesus,mengikuti teladan yang di ajarkan Yesus.dan mereka bisa merasakan kasih Bapa dalam hidup mereka.Dengan demikian,sejak mereka kecil mereka sudah di taburi oleh kebenaran Firman Tuhan.
Namun demikian,ada begitu banyak orang tua yang tidak menyadari akan pentingnya hal itu.dan mungkin ada banyak gereja yang tidak menaruh perhatian yang besar terhadap sekolah minggu.Padahal sesungguhnya di dalam sekolah minggu,akan melahirkan generasi-generasi akhir zaman yang militan.generasi yang cinta Tuhan dan benci terhadapa dosa.Mereka di selamatkan dan menjadi berkat bagi banyak orang,dan membawa dampak yang besar bagi dunia.
III.GURU SEKOLAH MINGGU
Di dalam sekolah minggu terjadi proses belajar mengajar,yang melibatkan guru dan muridnya.Guru sebagai pendidik memegang peranan yang sangat penting karena guru yang memimpin para siswa,dan mengelola kelas.Namun begitu,tidak semua guru yang berhasil.Guru sekolah minggu yang berhasil adalah ia bisa membuat suasana menjadi lebih menarik,bersemangat dan akrab dengan anak-anak.membawa anak-anak masuk dalam hadirat Tuhan.Sehingga anak-anak dapat merasakan dan menemukan Tuhan di setiap acara sekolah minggu.
Oleh sebab itu ada beberapa hal yang perlu di persiapkan sebelum mengajar:
-.
Persiapan Rohani
1.Seorang guru harus mempunyai kehidupan doa yang baik dan teratur.Selalu berhubungan intim dengan Tuhan.maka kita dapat menyampaikan Firman Tuhan kepada anak-anak sesuai dengan kebenaranNYA.Dan melalui guru-guru anak-anak dapat merasakan kasih Kristus.
2.Seorang guru harus mempunyai hati yang terbeban dan bersedia melayani Tuhan dengan kasih,karena:
-tidak menerima uang malah sebaliknya mengeluarkan biaya-biaya untuk keperluan sekolah minggu.
-tidak setenar yang lain,bahkan sering menerima kritikan.
-tidak di hargai bahkan di sepelehkan.
-.Persiapan penampilan
1.Penampilan luar,adalah penampilan yang dapat di lihat oleh murid,contohnya:cara berpakain,cara berjalan,model rambut,cara berbicara.
2.Penampilan dalam,adalah meskipun tidak dapat di lihat oleh mata,namun dapat di rasakan oleh murid,contohnya: karakter pribadi guru misalnya,kesabaran,tepat waktu,kesetiaan,keramahan,perhatian,dan kelembutan bahkan ketegasan dan wibawa seorang guru sekolah minggu.
- Persiapan Administratif
Membuat program Perencanaan Mengajar
Seorang guru sekolah minggu yang berhasil adalah guru yang mampu menyusun program mengajar sekolah minggu dengan baik.dan bersedia membuat satuan perencanaan mengajar secara tertulis dengan setia dan penuh tanggung jawab.Program mengajar sekolah minggu di katakan baik bila bersifat kreatif,menarik dan mencapai tujuan sekolah minggu.
* Kreatif :memiliki kemampuan untuk menciptakan .kegiatan mencipta ini di perlukan kecerdasan dan imajinasi untuk menghasilkan hal-hal yang baru dan inovatif.
* Menarik : Gunakan kegiatan yang berfariasi sesuai dengan dunia mereka.di sini di perlukan juga psikologi anak.
*Mencapai tujuan di sekolah minggu : Sekolah minggu yang berhasil apabila dapat mengantar anak-anak sekolah minggu kepada tujuan sekolah minggu.
IV.KESIMPULAN
1.Sekolah minggu adalah suatu kegiatan yang penting.dan di perlukan guru-guru yang berhasil.
2.Guru sekolah minggu yang berhasil adalah guru yang dapat membimbing anak-anak sekolah minggunya untuk mencapai tujuan sekolah minggu dengan jalan menyusun program yang menarik,kreatif dan mencapai tujuan dan mengadakan persiapan mengajar dengan baik.
3.Persiapan guru sekolah minggu meliputi: persiapan pribadi(rohani dan penampilan)dan menyusun program dan satuan perencanaan mengajar.
4.Tujuan sekolah minggu adalah membawa anak-anak sekolah minggu menikmati suasana yang akrab,bersemangat,menarik dan hidup,mendengar dengan baik dan bertumbuh dalam Firman Tuhan,menemukan Allah dalam setiap acara sekolah minggu yang di adakan.
Selamat membaca.
Tuhan Yesus memberkati.
Di kutip dari seminar guru-guru sekolah minggu
GPIA BETLEHEM Manado.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar